Aplikasi Microsoft Outlook berfungsi untuk membantu kita dalam pengelolaan email yang tentunya lebih praktis jika dibandingkan dengan menggunakan program pengolah Email langsung dari internet dan Anda tidak perlu lagi membuka browser untuk mengaksesnya. Selain untuk pengelolaan email, Microsoft Outlook juga mempunyai beberapa fasilitas lain seperti pengelolaan kalender kerja, meeting, jadwal tugas, address book dan fasilitas lainnya.
Sebagai informasi, tidak semua website penyedian email terutama yang gratis memeberikan fasilitas untuk melakukan POP email. Beberapa contoh website yang menyediakan fasilitas ini antara lain: gmail, telkomnet dan yahoo.co.id.
Sebelum
menggunakan Microsoft Outlook, terlebih dahulu dilakukan setting atau
setup, agar Microsoft Outlook
dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
1. Apabila Microsoft
Outlook belum pernah diSetup
• Buka Ms Outlook kemudian Next.
• Pilih Manually configure server settings or
additional server types dengan memberi tanda check. Kemudian Next
Akan muncul jendela baru :
Pilih Internet E-mail
Kemudian Next
• Isikan Nama, Alamat E-mail, User Name dan
Password.
• Isikan Account Type dengan POP3
• Incoming mail server “pop.mail.yahoo.co.id”
• Outgoing mail server (SMTP)
“smtp.mail.yahoo.co.id”
• Kemudian Pilih More Settings
• Klik Tab More Settings
• Klik Tab Outgoing server , aktifkan My
Outgoing server (SMPT) requires authentication.
• Klik Tab Advanced , Isikan POP3 dengan nilai
995, SMTP dengan nilai 465, dan koneksinya menggunakan SSL.
• Kemudian Next, Finish
Jika langkah-langkah yang
dilakukan diatas benar maka semua pesan (email) yang ada pada alamat
email yang dimasukkan diatas tadi akan ditampilkan pada folder Inbox.
2. Apabila Microsoft.
Outlook sudah pernah diSetup
• Klik menu Tools kemudian pilih Accounts Settings.
• Pilih Tabs E-Mail.
• Klik Tombol New.
• Isikan Nama, Alamat E-mail, User Name dan
Password.
• Isikan Account Type dengan POP3
• Incoming mail server
“plus.pop.mail.yahoo.com”
• Outgoing mail server (SMTP)
“smtp.mail.yahoo.com”
• Kemudian Pilih More Settings
• Klik Tab Outgoing server , aktifkan My
Outgoing server (SMPT) requires authentication.
• Klik Tab Advanced , Isikan POP3 dengan nilai
995, SMTP dengan nilai 465, dan koneksinya menggunakan SSL.
• Klik Finish.
Kemudian
setelah langkah-langkah diatas, sekarang anda ambil/tarik email anda dari
server dengan langkah-langkah sebagai berikut:
• Pilih menu Tools kemudian pilih
Send/Receive.
• Pilih nama Account yang sudah anda buat
tadi.
Jika
berhasil maka semua pesan( email) akan ditampilkan pada folder “Inbox”
Semoga bermanfaat,
Endro A
No comments:
Post a Comment