Friday 15 June 2012

Memaksimalkan Microsoft Outlook 2007 guna menunjang aktifitas e-business Anda.

Microsoft Outlook adalah sebuah aplikasi pengelolaan Client email dan workgroup yang dikeluarkan oleh Microsoft, biasanya Microsoft Outlook adalah sebuah aplikasi pengelolaan Client email dan workgroup yang dikeluarkan oleh Microsoft, biasanya Microsoft Outlook menjadi satu paket dalam Microsoft Office, sehingga untuk menginstallnya dapat dilakukan bersama-sama dengan Microsoft Office. 




Aplikasi Microsoft Outlook berfungsi untuk membantu kita dalam pengelolaan email yang tentunya lebih praktis jika dibandingkan dengan menggunakan program pengolah Email langsung dari internet dan Anda tidak perlu lagi membuka browser untuk mengaksesnya. Selain untuk pengelolaan email, Microsoft Outlook juga mempunyai beberapa fasilitas lain seperti pengelolaan kalender kerja, meeting, jadwal tugas, address book dan fasilitas lainnya.

Sebagai informasi, tidak semua website penyedian email terutama yang gratis memeberikan fasilitas untuk melakukan POP email. Beberapa contoh website yang menyediakan fasilitas ini antara lain: gmail, telkomnet dan yahoo.co.id.


Sebelum menggunakan Microsoft Outlook, terlebih dahulu dilakukan  setting atau  setup, agar Microsoft Outlook dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. 
1.   Apabila Microsoft Outlook belum pernah diSetup
•    Buka Ms Outlook kemudian Next.
•    Pilih Manually configure server settings or additional server types dengan memberi tanda check. Kemudian Next

 
        Akan muncul jendela baru :

 

        Pilih Internet E-mail
        Kemudian Next

 
 
•    Isikan Nama, Alamat E-mail, User Name dan Password.
•    Isikan Account Type dengan POP3
•    Incoming mail server “pop.mail.yahoo.co.id”
•    Outgoing mail server (SMTP) “smtp.mail.yahoo.co.id”
•    Kemudian Pilih More Settings
•    Klik Tab More Settings
•    Klik Tab Outgoing server , aktifkan My Outgoing server (SMPT) requires authentication.

 
 
•    Klik Tab Advanced , Isikan POP3 dengan nilai 995, SMTP dengan nilai 465, dan koneksinya menggunakan SSL.
 
 
 
•    Kemudian Next, Finish
 

Jika langkah-langkah yang  dilakukan diatas benar maka semua pesan (email) yang ada pada alamat email yang dimasukkan diatas tadi akan ditampilkan pada folder Inbox.

2.   Apabila Microsoft. Outlook sudah pernah diSetup
•    Klik menu Tools kemudian pilih Accounts Settings.
•    Pilih Tabs E-Mail.
•    Klik Tombol New.
•    Isikan Nama, Alamat E-mail, User Name dan Password.
•    Isikan Account Type dengan POP3
•    Incoming mail server “plus.pop.mail.yahoo.com”
•    Outgoing mail server (SMTP) “smtp.mail.yahoo.com”
•    Kemudian Pilih More Settings
•    Klik Tab Outgoing server , aktifkan My Outgoing server (SMPT) requires authentication.
•    Klik Tab Advanced , Isikan POP3 dengan nilai 995, SMTP dengan nilai 465, dan koneksinya menggunakan SSL.
•    Klik Finish.

Kemudian setelah langkah-langkah diatas, sekarang anda ambil/tarik email anda dari server dengan langkah-langkah sebagai berikut:
•    Pilih menu Tools kemudian pilih Send/Receive.
•    Pilih nama Account yang sudah anda buat tadi.
Jika berhasil maka semua pesan( email) akan ditampilkan pada folder “Inbox”


Semoga bermanfaat,

Endro A

No comments:

Post a Comment